close

bata-expose-omahbata

Pemakaian Bata Tempel Expose merupakan tren baru di dunia arsitektur. Banyak para pemilik rumah menginginkan kesan yang berbeda dari huniannya. Selain itu, juga ingin menampilkan kesan klasik dan elegan pada rumah yang ditinggalinya. Selain itu kepraktisan dari pemasangan Bata Tempel Expose ini sehingga akan jauh lebih menghemat daripada menggunakan bata merah biasa. Selain itu cara pemasangan Bata Tempel Expose ini lebih mudah dan tidak terlalu memakan waktu lama. Ada beberapa tahap dalam melakukan pemasangan Bata Tempel Expose pada ruangan rumah anda. Prinsipnya sama dengan dengan memasang keramik atau batu alam pada rumah anda. Berikut adalah tahap-tahap pemasangan Bata Tempel Expose yang bisa anda ikuti.

  1. Bersihkan dahulu dinding yang akan anda pasang dengan Bata Tempel Expose
  2. Pasangkan Bata Tempel Expose pada permukaan yang kasar pada dinding rumah anda, anda bisa melakukannya pada tembok yang baru diplester atau multipleks yang permukaannya kasar. Apabila sudah terlanjur anda cat, maka permukaannya harus dikerik terlebih dahulu agar permukaannya menjadi kasar.
  3. Bila ingin melakukan kombinasi dengan beberapa warna, susunlah Bata Tempel Expose di lantai terlebih dahulu sebelum anda pasang. Tujuannya adalah untuk mencegah atau meminimalisir kesalahan pada saat pemasangan.
  4. Perbandingan semen harus anda buat dengan tepat. Anda bisa mengikuti petunjuk dari produsen agar mendapatkan adukan semen yang pas.
  5. Pada awal pengerjaan, pasanglah bata pada sudut terlebih dahulu. Hal ini dilakukan untuk memudahkan pengerjaan anda.
  6. Tiap-tiap Bata Tempel Expose yang anda pasang, tekanlah ke permukaan dinding selama beberapa saat agar anda dapat memastikan bahwa Bata Tempel Exposetelah sempurna dipasang pada dinding rumah anda.
  7. Supaya bata tempel yang telah anda pasang tidak bergeser, gunakanlah nat dua jam setelah pemasangan bata tempel. Ukuran nat yang disarankan yaitu 8 – 10 mm.
  8. Untuk mendapatkan hasil pemasangan bata tempel yang lebih rapi gunakan benang timbang.
  9. Saat ingin memoles dengan semen, lakukanlah dengan hati-hati agar adukan semen tersebut tidak mengotori bata tempel. Ketika ada adukan semen yang tercecer pada bata tempel segeralah bersihkan dengan menggunakan sikat nilon.
  10. Setelah selesai melakukan pemasangan Bata Tempel Expose, bersihkan bata tersebut dari sisa-sisa adukan semen yang masih tercecer menodai bata tempel hingga benar-benar bersih dengan menggunakan sikat nilon.

Sumber : beberapa artikel

omahbata

The author omahbata

Leave a Response